Cirebon : 1st trip

hellooow..yellooow.. ๐Ÿ˜‰

kali ini gw mau cerita tentang the 1st trip to Cirebon. ke Cirebon sebenernya buat kerja. visit Kinderfield School. tapi skalian jalan jalan lah yaa.. secara belom perna ke Cirebon. Hehehe.. ke Cirebon bertiga naik kereta Argo Jati hari Minggu, tanggal 22 Agustus kemaren. keretanya berangkat jam 17.15. tiba di Cirebon jam 20.00 lewat. begitu sampe kita di jemput pak supir hotel. trus sepanjang jalan senang skali karna banyak city light hihihihihi… kotanya ga begitu besar. ga macet dan liku liku mirip kaya di Bandung.. kiri kanan kulihat saja banyak tempat makanan. niat ke Cirebon emang skalian wisata kuliner doong.. ๐Ÿ˜€ malam itu hujan deras. wah berkah yah gw dateng ke Cirebon hujan turun. hehehehe. kita bertiga langsung nodong bapaknya buat anterin kita makan (padahal di kereta uda buka pake hokben). jadilah kita dibawa ke nasi jamblang Hj. Nur di jalan tentara pelajar.

nasi jamblang dengan lauk pepes telur asin, udang, dan sate kerang

itu nasi jamblang yang gw makan. katanya sih enak. nasi jamblang itu ternyata nasi yang dibungkus pake daun (jati kali yah?) trus lauknya banyak dan beraneka ragam ditaro di baskom besar tinggal milih. nasinya dikit banget (bagi gw) karna kaya nasi kucciinggg ๐Ÿ˜€ temen temen kinderfield pada minta satu nasi, sedangkan gw dua tentunya ๐Ÿ˜€ sebenernya sih mau minta empat. cuma maluu aahhh.. ntar orang orang baru kenal uda siyookk ๐Ÿ˜€ (meskipun akhirnya ketauan juga sih kalo makan gw banyak.. katanya gw kuat makan tapi kok kurus.. sedangkan mereka katanya minum air putih aja jadi lemak. hahaha. berlebihan deh :p) rasanya sih emang lumayan enak… tapiiii… ternyata pas sampe hotel gw langsung sakit perut banget banget. diare gw. padahal temen temen gw yang laen ga kenapa kenapa. hmmmmm… mungkin karna perut gw sensitif. ato sate udangnya. atau sate kerangnya yang rada asem. ato sambelnya? tapi temen gw makan sambelnya ga kenapa kenapa tuh. entahlah gw juga ga tau.. yang jelas besoknya gw ga mau makan nasi jamblang lagi.. hehehe.

gw tinggal di hotel di jalan tentara. deket banget sama Grage Mal (Mal terbesar di Cirebon) dan sama Kinderfield (depan Grage Mal persis).

nah ini Grage Mal difoto dari depan Kinderfield ๐Ÿ™‚

kerjaan gw waktu itu sih uda kelar, cuma males juga mampir ke mal… hehehe… di Cirebon tu kita jaraaaang banget nemuin taksi. ada ga sih sebenernya? kebanyakan angkot sama becak (uuu…asiknya naik becaaak).

buka puasa hari itu kita berencana makan empal gentong or nasi lengko+sate pagongan. tapi suara terbanyak pengen empal gentong. yang enak katanya di pleret. sebenernya gw pengen naik becak sore sore tapi ga ada yang mau nemenin ๐Ÿ˜€ jadi malemnya kita minta supir hotel anterin ke pleret buat makan empal gentong. tempatnya yang terkenal enak namanya AMARTA.

di Amarta jual empal gentong (kuahnya santan), empal asem (kuahnya bening), sama sate (kambing, bo). gw pesen empal gentong campur (kaya soto betawi). kalo ga campur bisa juga, cuma daging doang.

ini empal gentongnya.... yumm!

masi nebak nebak nih..enak apa engga, yaaaa? ๐Ÿ˜€

nasinya banyak. pake acar. cabenya yang di mangkuk biru cabe bubuk merah. ada emping dan krupuk.

daaaannn.. walaupun kadang bermandikan asap karna si abang ngipas ngipas sate kambing…. tapiiiii empal gentong amarta itu adalah empang gentong terenak yang perna gw makan sepanjang hidup gw.

kalo kebagian duduk di depan kadang emang bermandikan asap pas si abang ngipas ngipas kambing... uhuk uhuk...

yak..jadi kalo ke Cirebon jangan lupa mampir ke Amarta yaa buat nyobain empal gentongnya…highly recommended deh! hehehe..

trus pulangnya mampir beli oleh oleh di Pangestu.. posisi ada di jl. Sukalila. entahlah dimana itu.. tapi ga jauh dari hotel gw, TK gw, grage mal, dan stasiun kok.. hehehe.. (tenang aja, di Cirebon kemana mana dekat.. yang dianggap jauh aja cuma sekitar hampir 30 menit kok… hihihihi. yang deket 10 menit. itu mahย kepleset jugaย nyampeย kalo di Jakarta yah..) tempat oleh oleh itu yang konon kabarnya terkenal enaaaakk… pas gw kesana, bener aja loh.. semuaaanyaaaaa enaaaak enaaaak…!!! pengen beli smua…. ada teri balado, ada dendeng cumi ada dendeng ikan jambal, ada abon udang ebi, ada manisan mangga, ada semprong wijen, ada teng teng gepuk, ada teh upet, dan lain lainnyaaaa… gw bisa bilang enak karna ada testernya… temen gw juga yang tinggal or perna ke Cirebon juga bilang di pangestu emang enak enak. akhirnya setelah menimbang nimbang.. gw beli teri balado, dendeng cumi, abon udang ebi, semprong wijen, teng teng gepuk, dan teh upet.

ini dia oleh olehnya yang gw beli

gw beli buat di rumah.. insyaallah nyokap pasti suka.. ๐Ÿ™‚ kecuali semprong wijen n teng teng buat temen hehehe.. sepertinya itu si dendeng cumi mau gw habisin sendiri *pelit* ๐Ÿ˜€ soalnya gw suka dendeng n suka cumi. mau beli banyak ga ada duit. mahal, book.. seiprit gitu rp. 27500. yaiyalah cumi.. padahal Cirebon emang terkenal hasil lautnya, hmmm.. tapi tetep mahal.. gw belom perna nyobain sih.. tapi tampaknya sangat lezattttt… oya, teri baladonya juga sangat enak… gw aja yang ga suka teri, beli setoples. hihihihih. harga setoples rp. 48000, lebi murah katanya abangnya daripada beli plastikan. hihihih. langsung terpengaruh gt gw.. trus kalo harga abon udang ebinya rp. 37500. semprong wijen rp. 11000. teng teng gepuk rp. 5500 dan teh upet celup rp. 8500.

sebenernya masih ada tempat tempat lain yang pengen dikunjungin. pagongan, alun alun, sama tempat batik (lupa namanya apa). next time, yaaaa….

pulangnya kita naik cirebon ekspres.. jam 15.15. sebelumnya beli makanan buat buka dulu di tempat yang juga enaak bo.. hehehe.. sampe Jakarta maghrib.. pas lah 3 jam perjalanan sama kaya berangkat..

nice trip. see you again, Cirebon! ๐Ÿ˜‰ (october or november ya?).

Leave a comment